Kamis, 29 Januari 2009

8 Langkah jitu Menghindari spam

Delapan langkah dalam melawan program jahat dan spam antara lain :
  1. Gunakan Produk keamanan e-mail. gunakan produk yang mampu melindungi jaringan dari spam dan virus namun disaat yang sama masih memungkinkan e-mail yang sah untuk lewat. Norton 360 versi 2.0 adalah yang terbaru dari symantec untuk solusi keamanan all-in-one.
  2. Gunakan Filter Spam. Setelah mernerapkan piranti lunak keamanan, aturlah filter yang dibutuhkan. Cara mudah untuk memulainya adalah dengan memfilter alamat tujuan e-mail masuk (e-mail to). biasanya spam dikirimkan tidak ke alamat anda secara personal, sehingga anda bisa memfilter semua e-mail yang tidak ditujukan pada alamat anda. Selanjutnya, jika ada e-mail sah yang terfilter, atur kembali filter agar meloloskan alamat-alamat tertentu.
  3. Pelajari cara e-mail yang aman. Curigai e-mail yang masuk, jangan isi form dalam e-mail yang meminta detail informasi pribadi atau keuangan atau pasword. Ingatlah bahwa perusahaan tidak akan pernah menanyakan informasi semacam itu melalui e-mail.
  4. Abaikan Spam.Jangan menjawab e-mail spam yang masuk, ini hanya akan memancing lebih banyak spam. Begitu juga dengan mengklik link dalam e-mail spam, termasuk yang menjanjikan akan menghapus anda dari daftar pengiriman e-mailnya.hapus e-mail yang mencurigakan tanpa membacanya.
  5. Hati-Hati Dengan Trik Baru. Banyak trik-trik rekayasa sosialyang kerap membuat pengguna terjebak, apakah dengan tipuan atau dengan upaya membuai pengguna.
  6. Gunakan Beberapa Alamat E-mail.Satu untuk penggunaan pribadi yang hanya diketahui keluarga, teman dan rekan sejawat. Alamat lainnya digunakan untuk milis. Dan satu lagi untuk pertanyaan atau pemesanan online.
  7. Hati-Hati Menabur Alamat E-mail Anda.Jangan sampai e-mail anda diketahui pihak lain hanya karena anda menyebarkan alamat e-mail itu disitus yang bisa dilihat oleh masyarakat umum.
  8. Jangan Memforward.Suka menforward e-mail berantai, lelucon atau macam-macam jenis e-maillainnya?lebih baik tidak dilakukan karena menggangu dan bisa menghambat lalu lintas e-mail dan jaringan anda.anggap e-mail semacam itu sebagai spam.
sumber: detiknet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar