Kamis, 29 Januari 2009

Mengenali file yang mudah terinfeksi virus

Mungkin sebagian besar kita tahunya kalau virus itu hanya dari tipe file exe (aplication) saja, karena memang sebagian besar vitus berupa file exe. Padahal banyak tipe file yang berpotensi terinfeksi virus dan bisa menyebarkannya ketika dijalankan. Sehingga sering kita tidk sadar bahwa file yang dijalankan ternyata bisa mengandung virus atau bibit-bibit virus.
Dengan mengetahui beberapa tipe tersebut, semoga bisa lebih berhati-hati. Berikut beberpa tipe file yang sering/bisa terinfeksi virus dan sebagian bisa menyebarkannya kembali ketika file tersebut dijalankan.
Binary Executable Files
Binary Executable Files (Portable Executable/PE) merupakan file yang isinya diterjemahkan sebagai program oleh komputer. File ini terdiri dari beberapa tipe di windows :
  • EXE (Executable/Aplications) Tipe file ini merupakan file yang sering terinfeksi virus dan sebagian besarvirus juga berupa exe. Banyak virus yang bisa menempel di file ini dan begitu dijalankan, virus aslinya menyebar dan menginfeksi komputer. oleh karena itu, sebaiknya kita memiliki master program, maka di Zip saja atau di rename untuk mengurangi resiko terinfeksi virus. Beberapa virus yang terinfeksi EXE misalnya w32/virut,Troxa,Sality dan lainnya.
  • DLL (Dynamic Link Library) dan OCX yang formatnya sebenarnya sama dengan EXE, hanya saja tidak langsung dijalankan, melainkan digunakan oleh file lain seperti EXE. Sehingga virus juga menginfeksi tipe file lain.
  • SCR (Screensaver) file ini juga seperti format EXE, hanya saja berekstensi scr, yang majsudnya adalah file screensaver. Sehingga ketika dijalankan screensaver akan tampil. oleh karena itu, virus sering menduplikasikan dirinya dengan tipe ini dan menempatkan dirinya sebagai screensaver, sehingga ketika screensaver aktif, sebenarnya virus itu yang aktif.
  • COM (Command file) bisa berupa teks atau binary file yang dijalankan under DOS/MS-DOS. Generasi awal virus sepertinya berupa file COM ini.
  • SYS (Device Driver) merupakan file binary yang digunakan untuk driver.

2 komentar:

  1. numpank komen ach,..hihi

    join d Friendster yang meghasilkan dollar yuk,.asyik lo kayak facebook lebih keren lagi,..
    baca disini!!
    http://smart-business-4rich.blogspot.com
    skalian klik iklannya juga y klo bisa!!hehe,..=)
    tank-Q
    dilLa

    BalasHapus
  2. gampang ko boss,.satu hari juga jadi!
    yang pasti klo mw daftar adsense blognya harus bhs inggris, minimal 10 postingan, baru dech sign up di http://adsense.google.com

    BalasHapus